Cara Mengubah DPI di HP Android Dengan Mudah

Spotarya.com Sebagai pengguna setia hp Android, sudah tahukan Anda bagaimana cara mengubah DPI di HP Android? Setiap ponsel memiliki komponen perangkat yang berbeda – beda. Seperti versi perangkat lunaknya, RAM, resolusi layarnya, ukuran DPI, dll. 

Cara Mengubah DPI

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah DPI ini. DPI merupakan suatu kumpulan dots atau titik yang membentuk sebuah susunan sehingga menghasilkan suatu warna, gambar, ataupun yang ada dalam ponsel Anda.

DPI ini juga biasa disebut sebagai kerapatan layar, semakin tinggi resolusi pada layar ponsel Anda maka tingkat kerapatannya pun akan semakin tinggi pula. Pada beberapa orang, biasanya mereka ingin mengubah tampilan yang ada pada layar ponsel mereka, karena itulah mereka biasanya memperbesar atau memperkecil ukuran DPI nya.

Lihat Juga : Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang HP Android

Dengan mengubah DPI di HP Android, maka icon aplikasi yang ada di HP Anda pun akan berubah. Jika memperkecil DPI maka icon ikut mengecil, begitu juga sebaliknya. Untuk mengubah ukuran DPI sendiri terdapat 2 cara, yaitu dengan cara root dan tanpa root. 

Cara Mengubah DPI di Hp Android Dengan Root

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mengubah DPI HP Android yaitu menggunakan aplikasi Easy DPI Changer. Perlu diingat untuk dapat mengubah dengan aplikasi ini, ponsel Anda harus sudah dalam keadaan Root. 

Untuk merubah ponsel ke Root, Anda bisa melakukannya pada aplikasi KingRoot yang bisa diinstal di situs resminya.

1. Install aplikasi Easy DPI Changer pada ponsel Anda
2. Buka aplikasi tersebut, lalu berikan izin aplikasi untuk mendapat akses Root dengan memilih Allow.Cara Mengubah DPI3. Jika sudah, masukan nilai DPI yang Anda inginkan pada kolom DPI Changer. Klik Enter lalu pilih Ok. Otomatis, ukuran DPI ponsel Anda akan langsung berubah, jika belum Anda bisa melakukan restart untuk mendapatkan hasilnya.

Cara Mengubah DPI      Cara Mengubah DPI

4. Untuk mengembalikan ukuran DPI seperti semula, Anda cukup memilih tombol Reset seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengganti DPI di HP Android Tanpa Root

Selain menggunakan root, DPI juga bisa Anda ubah tanpa harus melakukan root terlebih dulu. Pada pengaturan ponsel, mungkin Anda sudah pernah mendengar istilah Opsi Pengembang, biasanya opsi ini sering digunakan oleh para pengembang aplikasi Android. Nah di tutorial tanpa root kali ini, Anda akan memanfaatkan fitur Opsi Pengembang tersebut.

1. Masuk ke Pengaturan atau Setelan.

2. Scroll ke bawah sampai menemukan menu Tentang Ponsel atau About Phone. Lalu cari kolom Nomor Versi, setiap merek ponsel biasanya memiliki istilah yang berbeda. Tap 7 kali pada kolom tersebut, sampai muncul notifikasi “Anda Telah Menjadi Seorang Pengembang”. 

3. Selanjutnya kembali ke halaman Setelan lagi, scroll ke bawah sampai menemukan menu Opsi Pengembang. 

4. Di menu Opsi Pengembang terdapat banyak kolom pengaturan, Anda bisa mencari kolom yang bernama Lebar Terkecil. Kolom inilah yang berfungsi untuk mengubah ukuran DPI ponsel Anda. Kemudian masukan ukurannya, dan pilih Oke. Jika berhasil, maka ukuran layar ponsel Anda akan otomatis berubah. 

Anda perlu tahu, tidak semua ponsel memiliki pengaturan untuk merubah DPI tanpa root. Ponsel yang mendukung adanya pengaturan ini hanyalah versi Android 6.0 ke atas saja. 

Saat memasukan ukurannya, Anda juga harus mengikuti standar DPI yang baik, maksimal adalah 500 DPI. Jika terlalu kecil juga akan menyulitkan Anda dalam melihat layar, begitu juga jika terlalu besar. 

Itulah beberapa cara mengubah DPI HP Android, Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan ponsel yang Anda gunakan sekarang.  Bisa mengubah DPI dengan root ataupun mengubah DPI tanpa root.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *