10 Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Cepat Habis dan Panas

Spotarya.com – Kapasitas atau daya tahan baterai smartphone adalah hal penting selain kelengkapan fitur yang tersedia. Begitu pula dengan hp Xiaomi yang sedang banyak peminatnya, karena itu kita akan bahas cara mengatasi baterai Xiaomi cepat habis. Sebab, meski sudah diproduksi dengan kapasitas baterai yang besar tetapi banyak faktor yang membuat baterainya cepat habis. 

Baterai Xiaomi Cepat Habis

Sebenarnya hp Xiaomi sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4000 mAh ke atas. Berikut dengan fitur pengisian cepat 15W. Hanya saja charger bawaan Xiaomi belum support fitur tersebut, jadi Kamu harus membeli secara terpisah. Sebagai langkah menghemat baterai Kamu bisa menerapkan mode hemat baterai Xiaomi atau melakukan beberapa tips berikut.

Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Cepat Habis Tanpa Aplikasi

Untuk bisa menghemat baterai smartphone, Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pendukung untuk menghemat daya maupun melakukan beberapa kebiasan dalam pemakaian smartphone. Sebab terdapat beberapa sistem Android boros baterai Xiaomi. Oleh sebab itu Kamu perlu coba beberapa tips berikut ini.

1. Mengupdate MIUI Versi Terbaru

Salah satu langkah menghemat baterai smartphone Kamu adalah dengan menggunakan OS terbaru. Oleh sebab itu Kamu bisa mengupdate MIUI versi terbaru dalam ponsel Xiaomi Kamu. 

Cara Mengatasi Aplikasi Baterai Xiaomi Cepat Habis

Sumber gambar dari miuipedia.com

2. Setting Opsi Pengembang

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi baterai hp xiaomi yang cepat habis, yaitu dengan mengatur opsi pengembang. Nah cara ini memang agak ribet sih, tapi terbukti dapat meningkatkan performa HP sehingga baterai tidak mudah panas dan lebih awet.

*Perhatian : Tidak disarankan untuk mengubah pengaturan opsi pengembang di hp xiaomi selain seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi baterai cepat habis melalui pengaturan opsi pengembang.

1. Aktifkan Opsi Pengembang

Agar muncul pengaturan opsi pengembang, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Cara mengaktifkan opsi pengembang silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

– Buka setelan di hp xiaomi
– Pilih tentang telepon
– Ketuk sebanyak 7x pada versi MIUI

2. Setelah mengaktifkan opsi pengembang, tekan kembali dan pilih setelah tambahan
3. Pilih opsi pengembang
4. Pastikan “opsi pengembang” sudah aktif.
5. Scroll dan matikan skala animasi jendela, transisi dan animator

Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Cepat Panas*note : mematikan 3 animasi ini akan menonaktifkan animasi di hp Xiaomi.
6. Scroll lagi lalu aktifkan pada “hidupkan optimisasi MIUI”

Itulah cara untuk mengatasi baterai xiaomi yang cepat habis melalui pengaturan opsi pengembang. Jika tampilan Android kurang menarik setelah mematikan skala animasi, silahkan hidupkan kembali dengan cara seperti di atas untuk mengembalikan ke setelan sebelumnya.

3. Atur Kecerahan Layar dan Aktifkan Sleep Display

Cara mengatasi baterai Xiaomi cepat habis berikutnya adalah dengan mengatur kecerahan layar. Kamu juga bisa mensetting otomatis jika tidak ingin mengotak atik tingkat kecerahannya. Makin tinggi tingkat kecerahannya, maka makin banyak konsumsi dayanya. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur sleep display yang tersedia untuk menghemat baterai.

4. Install Aplikasi yang Penting dan Gunakan Auto Close Aplikasi

Jangan terlalu banyak menginstall aplikasi yang tidak penting. Selain itu, meski smartphone Xiaomi memiliki kemampuan multitasking yang mumpuni, untuk menghemat daya Kamu bisa aktifkan fitur Auto Close aplikasi sebagai langkah penghemat baterai.

5. Mengatasi Baterai Xiaomi Cepat Habis dengan Matikan Getar dan Screen Saver

Getar dan penggunaan screen saver cukup menyedot penggunaan daya. Oleh sebab itu salah satu cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis adalah dengan menonaktifkan getar juga screensaver. Selain itu jangan sampai overheat, yaitu seperti bermain game atau mencharge terlalu lama. Sebab akan mengurangi umur dan performa baterai.

6. Hapus Cache dan File Junk/Sampah.

Cache dan sampah aplikasi maupun file yang tidak penting dapat memakan space memori hp xiaomi. Hal ini dapat menurunkan kinerja hp serta menambah beban pada smartphone.

Memory internal yang hampir penuh dapat mempengaruhi komponen komponen pada hp xiaomi sehingga menyebabkan baterai hp xiaomi cepat panas.

Jadi dengan menghapus cache aplikasi dan file sampah pada hp xiaomi dapat membantu mengurangi beban dan meningkatkan performa hp, dengan demikian baterai hp xiaomi bisa lebih tahan lama.

7. Matikan WiFi, Bluetooth dan GPS

Matikan WiFi, Bluetooth dan GPS adalah fitur HP Android yang terus berjalan di latar belakang. Fitur-fitur ini seringkali lupa dimatikan setelah digunakan. Padahal selama belum dimatikan maka akan terus mencari perangkat yang terhubung. Hal ini tentu mengonsumsi banyak daya dan membuat baterai cepat habis.

Dari ketiga fitur yang disebutkan di atas, GPS adalah salah satu yang paling banyak mengkonsumsi baterai xiaomi. Jadi, silahkan matikan GPS kecuali pada saat menggunakan google maps agar lebih akurat.

8. Kurangi Penggunaan Widget Home Screen

Terkesan spele namun widget pada tampilan utama atau home screen xiaomi dapat meningkatkan RAM. Walau RAM hp xiaominya cukup besar, misalnya RAM 4GB atau bahkan 6GB, namun tetap saja hal ini dapat menyebabkan baterai boros dan suhu hp yang meningkat.

Tips agar dapat mengurangi beban pada RAM hp xiaomi salah satunya adalah dengan mengurangi penggunan widget yang tidak terlalu penting. Gunakan widget yang memang sering digunakan seperti google search atau yang lainnya.

9. Nyalakan Power Saving

Kebanyakan hp Android terbaru saat ini sudah memiliki fitur power saving, tidak terkecuali hp Xaomi. Saat diaktifkan, power saving akan berkerja untuk melakukan beberapa langkah yang dapat menghemat batera, diantaranya mematikan secara otomatis Bluetooth, GPS dan koneksi Wi-Fi, power saving juga akan meredupkan layar, hingga menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang.

Menyalakan Power Saving juga dapat menurunkan suhu ponsel Xiaomi. Lalu bagaimana cara mengaktifkan mode hemat baterai atau power saving di hp Xiaomi? Berikut langkah-langkahnya :

– Masuk ke Settings
– Pilih Battery & performance
– Pilih Power
– Aktifkan Battery saver.

10. Mengunci Jaringan

Cara yang ke 10 untuk mengatasi baterai cepat panas di HP xiaomi adalah dengan mengunci jaringan. Lalu apa hubungannya dengan baterai? Sinyal pada Android yang tidak stabil dapat membuat hp bekerja lebih keras agar tetap bisa terhubung ke jaringan. Hal ini dapat menyebabkan suhu ponsel meningkat dan baterai cepat habis.

Jika mengalami kesulitan dalam mendapatkan sinyal, misalnya sedang berada di suatu tempat terpencil, cobalah untuk mengunci jaringan. Ada beberapa cara mengunci jaringan di hp Xiaomi, yang paling mudah melalui pengaturan. Berikut langkah-langkahnya :

Buka Settings
Kartu SIM & Data Seluler
Pilih SIM 1 atau SIM 2
Pada jenis jaringan yang disukai silahkan pilih 2G Onliy, 3G Only atau 4G Only.

Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Cepat Habis Menggunakan Aplikasi Tambahan

Selain dengan menerapkan beberapa tips penggunaan smartphone yang bisa menghemat baterai, Kamu juga bisa memakai aplikasi tambahan, misalnya aplikasi penghemat baterai yang bisa kamu download melalui google play store. Berikut ini beberapa pilihan aplikasi yang bisa Kamu pakai untuk menghemat baterai.

1. Greenify

Aplikasi ini sebenarnya untuk menghemat RAM pada Android. Namun cara kerjanya yang mampu menghibernasikan aplikasi berjalan yang tidak dipakai pada Android tentu bermanfaat menghemat daya. Aplikasi ini juga support Android dalam berbagai versi, jadi Kamu bisa memanfaatkannya untuk menghemat baterai hp Xiaomi yang Kamu miliki.

2. Go Battery Saver

Aplikasi ini amat praktis dan bisa jadi andalan. Kemampuannya melakukan optimalisasi baterai dalam bentuk widget membuatmu mudah menggunakannya.

Selain dua aplikasi di atas ada beberapa aplikasi lain yang juga bisa membantumu menghemat baterai smartphone Xiaomi, berikut aplikasinya:

  • Power Battery
  • Accu Battery
  • Battery Saver-Power Saver
  • Avira Optimizer, dan masih banyak lagi

Itulah beberapa tips atau cara mengatasi baterai Xiaomi cepat habis yang bisa Kamu Coba. Selain itu pastikan untuk menggunakan charger original. Dengan begitu performa baterai akan terjaga dan umur baterai juga lebih lama. Semoga bermanfaat

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *